Welcome to Psycho Zone :)

Minggu, 17 Juni 2012

STRESS AND HEALTH

NAMA : DESI MARIANA MALOKY
NIM : 111301043

Contoh Kasus:

Sekitar seminggu yang lalu saya dihadapkan dengan pilihan yang cukup membingungkan. Pilihan yang pertama itu saya tiba-tiba disuruh ayah untuk mengantar nenek saya checkup kesehatannya ke rumah sakit karena tidak ada yang bisa mengantar nenek saya jadi terpaksa saya yang mengantarnya, sedangkan pilihan kedua saya sudah terlanjur janji dengan teman lama saya yang datang dari luar kota untuk menemani dia jalan-jalan. Jika saya pergi dengan nenek saya, takutnya teman saya itu kecewa karena hari itu adalah hari terakhir dia disini. Tetapi jika saya pergi dengan teman saya, pasti saya akan dimarahi ayah karena tidak menemani nenek saya checkup. Pilihan yang cukup membingungkan buat saya. Dan jika saya memilih salah satu akan mengakibatkan hal yang tidak baik, apalagi kalau saya tidak memilih diantara keduanya.

Nah, berdasarkan kasus saya diatas saya sedang menghadapi konflik yang disebut avoidance-avoidance conflict.

Penjelasan:

Konflik adalah keadaan di mana dua atau lebih motif tidak dapat dipenuhi karena kedua motif tersebut menghalangi satu sama lain. Ada 4 jenis konflik, yaitu:

1. Approach-approach conflict, yaitu konflik dimana individu harus memilih antara dua tujuan positif yang kurang lebih bernilai sama.

2. Avoidance-avoidance conflict, yaitu konflik dimana individu harus memilih antara dua akibat yang muncul dan kurang lebih sama.

3. Approach-avoidance conflict, yaitu konflik dimana individu menerima satu tujuan positif dan akan menghasilkan akibat negatif juga.

4. Multiple approach-avoidance conflict, yaitu konflik yang menuntut individu untuk memilih antara dua alternatif, masing-masing berisi konsekuensi baik positif dan negatif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar