Welcome to Psycho Zone :)

Jumat, 04 Mei 2012

TUGAS PSIKOLOGI UMUM II: MOTIVATION

Sekitar dua bulan yang lalu, saya pergi berlibur bersama keluarga ke salah satu tempat wisata di Berastagi yaitu Mickey Holiday. Saya sangat tertarik mencoba semua wahana yang disediakan di tempat tersebut. Untuk permulaan saya mencoba wahana-wahana yang tidak terlalu membutuhkan adrenalin yang besar supaya nantinya sanggup untuk mencoba wahana yang lebih ekstrem. Nah, saat saya mencoba salah satu wahana yang paling ekstrem di tempat itu yaitu wahana T-REX, saya cukup deg-degan. Waktu saya lihat orang-orang yang sedang menaiki wahana tersebut, saya sangat takut dan cemas karena saya lihat mereka semua berteriak dan histeris saat berada diatas wahana itu. Tiba lah saatnya giliran saya dan kakak saya yang naik, jantung saya sangat berdebar kencang karena takutnya. Saat berada diatas saya berteriak dan ingin permainan itu cepat selesai karena saya akui wahana ini sangat mengerikan dan bikin mual. Tetapi setelah selesai saya sangat lega dan senang sudah mencobanya. Karena rasa lega tersebut telah menutupi rasa takut saya sebelumnya, saya ingin mencobanya lagi kalau suatu saat saya berlibur ke tempat itu lagi.

Pembahasan: 
Motivasi adalah kondisi internal yang mengarahkan kita untuk berpikir dan melakukan suatu hal atau bertindak. Banyak teori yang membahas tentang motivasi tetapi dari kasus saya diatas, saya akan mengaitkannya dengan Solomon’s Opponent-Process Theory Of Motivation. Teori ini akan membantu kita menjawab pertanyaan kenapa sih banyak orang yang bertahan atau masih mau melakukan kegiatan yang membahayakan dirinya sendiri? Nah, opponent theory of motivation ini adalah teori yang membahas tentang bagaimana kita mempelajari motivasi baru berdasarkan 2 reaksi emosi berbeda yang kita ungkapkan. Berdasarkan pengalaman saya diatas, opponent process theory ini berlaku dimana ada 2 reaksi yang saya ungkapkan. Reaksi I sebagai reaksi takut dan cemas, Reaksi II sebagai reaksi senang dan lega setelah menaiki wahana T-REX tersebut. Reaksi I ini merupakan reaksi negatif yang saya timbulkan dan Reaksi II merupakan reaksi positifnya. Karena reaksi II akan cenderung lebih bertahan lama dari reaksi I sehingga dapat menutupi perasaan negatif yang saya rasakan jadi saya cenderung akan mengulangi tindakan tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar