Welcome to Psycho Zone :)

Jumat, 04 Mei 2012

TUGAS PSIKOLOGI UMUM II: EMOTION

Emosi adalah kondisi intenal untuk merespon suatu stimulus dengan perasaan negatif atau positif dan menyebabkan adanya perubahan. Ada tiga teori emosi yaitu: 
1. James-Lange Theory
James Lange menyebutkan bahwa emosi terjadi diawali dengan adanya perubahan fisiologis terlebih dahulu. Jadi menurutnya jika seseorang ingin merasakan emosi bahagia, dia harus tertawa terlebih dahulu.

2. Cannon-Bard Theory
Cannon Bard menyebutkan bahwa emosi muncul terlebih dahulu, lalu setelah itu muncul lah perubahan fisiologis yang diakibatkan oleh emosi tersebut. Jadi menurutnya seseorang akan tertawa jika dia merasa bahagia.

3. Cognitive Theory
Menurut Cognitive theory, ada 2 step dalam mengekspresikan emosi yaitu a) menginterpretasi stimulus terlebih dahulu, b) menginterpretasi reaksi fisiologis yang muncul.

Nah, contoh kasus kali ini saya alami ketika saya mendapatkan pesan singkat ke HP saya dari nomor yang tidak saya kenal. Saat itu saya bertanya dia siapa dan dapat nomor saya dari mana. Setelah dia menyebutkan namanya, ternyata dia orang yang tidak saya suka dan selanjutnya saya tidak membalas pesannya lagi karena saya punya kesan yang tidak menyenangkan terhadapnya.

Berdasarkan pengalaman saya diatas, saya mengekspresikan emosi berdasarkan teori kognitf yaitu pertama-tama saya lihat dulu siapa yang mengirim pesan itu dan setelah itu saya interpretasi reaksi fisiologis saya dengan tidak membalas pesannya karena dia orang yang tidak saya sukai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar