Welcome to Psycho Zone :)

Minggu, 13 Mei 2012

Metode Pembelajaran Blended Learning

Blended learning adalah metode pembelajaran yang memadukan pertemuan tatap muka dengan materi online secara harmonis. Pembelajaran berbasis blended learning dimulai sejak ditemukan komputer, walaupun sebelum itu juga sudah terjadi adanya kombinasi (blended). Blended Learning dibutuhkan pada saat situasi yang ada menuntut diadakannya kombinasi atau mencampurkan berbagai metode media, dan teknik untuk mencapai tujuan pembelajaran. Misalnya ketika pembelajaran jarak jauh tidak begitu dibutuhkan maka dibutuhkan pembelajaran tatap muka. Proses pembelajaran blended learning dibutuhkan pada pembelajar yang membutuhkan penambahan dan pengkombinasian dalam pembelajaran.Peran pengajar dalam pembelajaran berbasis blended learning juga sangat penting dalam mengelola pembelajaran, yang pasti pengajar harus melek informasi.

Kelebihannya :
  • Pembelajaran berbasis blended learning merupakan pilihan terbaik untuk meningkatkan efektivitas, efisiensi, dan daya tarik yang lebih besar dalam berinteraksi antar manusia dalam lingkungan belajar yang beragam. 
  • Belajar blended menawarkan kesempatan belajar untuk menjadi baik secara bersama-sama dan terpisah, demikian pula pada waktu yang sama maupun berbeda. 
  • Sebuah komunitas belajar dapat dilakukan oleh pelajar dan pengajar yang dapat berinteraksi setiap saat dan di mana saja karena memanfaatkan yang diperoleh komputer maupun perangkat lain (iPhone) sebagai fasilitasi belajar. 
  • Blended learning memberikan fasilitasi belajar yang sangat sensitif terhadap segala perbedaan karakteristik pskiologis maupun lingkungan belajar. 
  • Proses belajar mengajar tidak hanya tatap muka, namun menambah waktu pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi dunia maya. 
  • Mempermudah dan mempercepat proses komunikasi non-stop antara pengajar dan siswa.
  • Siswa dan pengajar dapat diposisikan sebagai pihak yang belajar. 
  • Membantu proses percepatan pengajaran. 
  • Tidak meratanya fasilitas yang dimiliki pelajar, seperti komputer dan akses internet.
Kekurangannya :
  • Kurangya kemampuan/skill yang dimiliki pelajar dalam hal teknologi.
  • Tidak meratanya fasilitas yang dimiliki pelajar, seperti komputer dan akses internet.
  • Mengurangi komunikatif siswa untuk berbicara secara langsung.
  • Siswa bisa jadi tidak maksimal mengikuti pelajaran.

Sumber:
http://rizcafitria.wordpress.com/2011/04/30/blended-learning/
http://www.muhammadnoer.com/2010/07/blended-learning-mengubah-cara-kita-belajar-di-masa-depan/
http://id.wikibooks.org/wiki/Pembelajaran_Berbasis_Blended_Learning
http://tepenr06.wordpress.com/2012/05/08/about-blended-learning/
http://www.google.co.id/urlsa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=8&ved=0CIABEBYwBw&url=http%3A%2F%2Fwww.muhammadnoer.com%2F2010%2F07%2Fblended-learning-mengubah-cara-kita-belajar-di-masa-depan%2F&ei=acmtT7H9LsWxrAeYzrT2Aw&usg=AFQjCNE_e62wMVlik8iy40sB1LPvRhRvLw&sig2=StnP82PQnfs4yFTqo0rgpw

Tidak ada komentar:

Posting Komentar